16 October 2016

Tips Menaikkan Berat Badan Anak



Tips Menaikkan Berat Badan Anak

Kebutuhan gizi anak usia 1 – 3 tahun
  • Zat besi 8 mg
  • Protein 25 gram
  • Energy 1000 kkal
  • Kalsium 500 mg
Sedangkan untuk kebutuhan nutrisinya adalah karbohidrat seperti roti, nasi, mie, pasta, kentang, yang berguna untuk tenaga serta dapat memberi rasa kenyang. Kemudian proteinnya yang terdiri terdiri dari lauk hewani seperti daging ayam, sapi, telur, susu, ikan dan bebek. Lauk nabati seperti tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, susu kedelai serta kacang kedelai. Hal ini berguna untuk pertumbuhan, daya tahan tubuh serta antibody.
Sedangkan untuk mineral dan vitaminnya dapat dihasilkan dari buah-buahan, sayur-sayuran yang berwarna terang. Manfaat dari buah-buahan yaitu untuk mengatur dan pelindung serat. Dan yang terakhir adalah lemak yang berguna untuk sumber energy serta zat pelarut vitamin A, E, D, K.
Nah setelah mengetahui beberapa makanan yang bisa menjadi sumber protein maupun nutrisi yang mampu menambah berat badan tubuh anak Anda, kini selanjutnya saya akan memberikan tips atau cara untuk Menaikkan Berat Badan Anak.
Tips menaikkan berat badan anak :
  1. Dalam sehari beri makan anak Anda dengan porsi nasi lunak kurang lebih 16 sdm
  2. Beri lauk hewani dengan ukuran 2 – 3 porsi contohnya ikan dengan sebesar kurang lebih kotak korek api, serta daging dan ayam.
  3. Jangan lupa beri tambahan lauk nabati juga seperti tahu atau tempe
  4. Beri sayur-sayuran dalam sehari kurang lebih 2 – 3 mangkuk
  5. Beri tambahan buah-buahan seperi jeruk ataupun papaya
  6. Susu dalam sehari 4 gelas atau setara 600 ml
Perlu Anda ketahui juga jika Anda ingin memilih makanan untuk anak atau balita Anda agar disesuaikan dengan pertumbuhan gigi geligi anak Anda, hal ini dimaksudkan agar anak Anda bisa mencernanya secara optimal. Selain itu beri kesempatan anak Anda untuk memilih menu masakan atau makanan yang ia gemari, karena dengan begitu bisa dipastikan nanti anak Anda bisa makan dengan lahap. Dan yang terakhir porsi makan yang ideal untuk anak usia 1 – 3 tahun adalah sepertiga dari makanan orang yang sudah dewasa.

No comments:

Post a Comment