KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji
dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt karena atas berkat dan rahmatnya
kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.Adapun judul makalah
kami adalah Rancangan Penelitian
Makalah
ini dibuat adalah salah satu syarat menyelesaikan tugas mata kuliah
Senam.Terima kasih kami ucapkan kepada semua yang terlibat dalam pembuatan
makalah ini. Saya sudah mengerahkan kemampuan yang kami miliki untuk membuat
makalah ini. Saya menyadari banyak kekurangan dalam makalah kami,jadi saya
mengharapkan kritikan teman-teman semuanya agar saya dapat membuat makalah yang
lebih baik lagi nantinya.
Harapan
kami semoga makalah dapat bermanfaat bagi pembaca.
Lubuklinggau, Maret 2021
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan..................................................................................... 1
A.Latar Belakang.................................................................................. 1
B.Rumusan Masalah............................................................................. 2
BAB II Pembahasan.................................................................................... 3
A.Pengertian
Rancangan Penelitian...................................................... 3
B,Jenis-Jenis
Rancangan Penelitian...................................................... 6
BAB III Penutup......................................................................................... 7
A.Simpulan........................................................................................... 7
B.Saran.................................................................................................. 7
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.
Dalam melakukan penelitian salah satu hal yang penting
ialah membuat Rancangan penelitian. Rancangan atau Desain penelitian
bagaikan sebuah peta jalan bagi peneliti yang menuntun serta menentukan arah
berlangsungnya proses penelitian secara benar dan tepat sesuai dengan tujuan
yang telah ditetapkan. Tanpa desain yang benar seorang peneliti tidak akan
dapat melakukan penelitian dengan baik karena yang bersangkutan tidak mempunyai
pedoman arah yang jelas.
Agar tercapai pembuatan desain yang benar, maka peneliti
perlu menghindari sumber potensial kesalahan dalam proses penelitian secara
keseluruhan. Kesalahan-kesalahan tersebut ialah:
a.
Kesalahan Dalam Perencanaan
Kesalahan dalam perencanaan dapat terjadi saat peneliti
membuat kesalahan dalam menyusun desain yang akan digunakan untuk mengumpulkan
informasi..
b.
Kesalahan Dalam Pengumpulan Data
Kesalahan dalam pengumpulan data terjadi pada saat
peneliti melakukan kesalahan dalam proses pengumpulan data di lapangan.
c.
Kesalahan Dalam Melakukan Analisa
Kesalahan dalam melakukan analisa dapat terjadi pada saat
peneliti salah dalam memilih cara menganalisa data..
d.
Kesalahan Dalam Pelaporan
Kesalahan dalam pelaporan terjadi jika peneliti membuat
kesalahan dalam menginterprestasikan hasil-hasil penelitian
B. Rumusan
Masalah
a.
Apakah yang dimaksud dengan rancangan
penelitian ?
b.
Menjelaskan jenis-jenis rancangan penelitian
kuantitatif ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Rancangan Penelitian
Ketika kita akan melakukan penelitian, terlebih dahulu
kita sebagai peneliti harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan
dengan penelitian. Mulai dari membuat perencanaan, merencanakan kerja sama dan
memahami macam-macam etika penelitian. Menurut Margono, (2010:100) Rancangan
itu adalah alur kegiatan peneliti dalam memecahkan masalah . Disusun secara
matang dan cermat sehingga nantinya akan sangat membantu peneliti maupun orang
yang membaca hasil penelitiannya dalam memahami masalah serta cara
mengatasinya.
Rancangan penelitian dapat juga dikatakan sebagai skema
atau bagan karena rencana itu membuat atau memuat peta kegiatan yang akan kita
laksanakan dan digunakan sebagai petunjuk. Rancangan juga mengingatkan kita
untuk melakukan ini, jangan melakukan yang itu, hati-hati dalam melakukan ini,
ini tidak penting dan seterusnya. Ini merupakan sebuah petunjuk dan pedoman
seorang peneliti dalam menyelesaikan penelitiannya dan mendapatkan hasil yang
memuaskan.
Menurut Soegeng dalam Tahir (2011:51) Rancangan
penelitian adalah langkah-langkah penelitian yang terstruktur, Ekonomis
dan Sesuai dengan Tujuan Penelitian sehingga data-data yang didapatkan
adalah data yang akurat. Sedangkan menurut Sukardi (2003:69), perencanaan
penelitian yaitu bayangan untuk seorang peneliti tentang apa yang akan kita
lakukan saat menelitian dan menemukan cara mengatasi masalah yang menjadi objek
penelitiannya.
Kerlinger dan Lee dalam Setyosari (2010:170) mengemukakan
bahwa Kegunaan rancangan penelitian yang pertama adalah pedoman dalam
menemukan hasil/ cara mengatasi suatu permasalahan, yang dulu sebelum kita
melakukan penelitian menjadi tanda tanya yang akan kita temukan jawabannya dan
setelah melakukan penelitian bertolak dari rancangan itu sendiri kini
pertanyaan-pertanyaan itu terjawab semua dan merupakan hasil penelitian . Kedua
adalah mengontrol atau mengendalikan variabel yang saling berhubungan,
variabel-variabel apa yang harus kita dahulukan.
“Agar
rancangan dapat memperkirakan hal-hal apa yang akan dilakukan dan dipegang
selama penelitian, perumusannya harus memperhatikan criteria sebagai berikut:
1.
Mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan,
seperti masalah, tujuan, sumber data, sarana prasarana dan sebagainya
2.
Disusun secara sistematis logis sehingga
memberi kemungkinan kemudahan bagi peneliti dalam melaksanakan dan bagi orang
lain dalam melakukan penilaian.
3.
Harus dapat memperkirakan sejauh mana hasil
yang akan diperoleh, serta usaha-usaha yang mungkin dilakukan untuk memperoleh
hasil secara efektif dan efisien.” Margono (2010,100)
B. Komponen
Rancangan Penelitian
Menurut Sukardi (2003:69-73) Secara umum rencana
penelitian mempunyai beberapa komponen penting, diantaranya :
a. Halaman
judul
Halaman judul terletak paling pertama dalam laporan
penelitian. Pada halaman ini berbeda dengan halaman-halaman selanjutnya sebab,
tulisannya lebih tebal dan dengan huruf yang besar. Selain itu, halaman judul
berisi judul permasalahan yang akan kita teliti, nama peneliti, logo lembaga
(jika penelitian dilakukan dibawah naungan suatu lembaga atau organisasi
saperti universitas) dan yang paling terakhir adalah nama dari lembaga itu
sendiri. Judul penelitian yang ditulis bersifat mewakili masalah yang
membutuhkan pemecahan dan solusi, harus singkat, padat dan jelas.(
Sukardi:2003:70)
b. Pengantar
Halaman ini merupakan halaman untuk si peneliti sebab
disinilah peneliti memperkenalkan secara sederhana masalah yang hendak di
teliti. Pada halaman ini pula peneliti menyampaikan ucapan-ucapan terimah kasih
kepada rekan-rekan yang turut membantu proses penelitian, kepada pimpinan dan
orang-oarng yang menjadi inspirasi terlaksananya kegiatan
penelitian. Seringkali peneliti menuliskan sebuah kalimat yang menjadi
prinsipnya dalam mencari solusi atas permasalahan.(Sukardi : 71)
c. Pendahuluan
Bagian - bagian di dalam bab pendahuluan adalah : latar
belakang yaitu peneliti memberikan pemahaman kepada pembaca tentang
kejadian-kejadian yang sangat berhubungann dengan permasalahan yang ingin
diteliti serta apa yang menjadi dasar penelitian tersebut dilaksanakan dan perlu
untuk dilakukannya penelitian. Identifiksi permsalahan yaitu permasalahan yang
mungkin saja ada dalam kasus penelitian yang mempunyai hubungan dengan masalah
pokoknya namun dalam menentukan masalah peneliti hrus mempertimbangkan
kelayakannya, peneliti hanya mengambil masalah yang sangat erat kaitannya
dengan penelitian. Rumusan masalah yaitu untuk memudahkan peneliti memperoleh
informasi-informasi yang ilmiah sehingga dalam menemukan jawabannya juga akan
mudah dan tepat. Tujuan yaitu apa yang diinginkan peneliti terhadap
permasalahan itu sebenarnya sehingga dilakukan penelitian dan Manfaat
penelitian yaitu hasil dari penelitian tersebut berdampak positif kepada diri
sendiri sebagai peneliti teritama masyarakat . ( Sukardi:2003:70)
d. Kajian
pustaka
Menurut Setyosari (2010:84) .kajian pustaka yaitu bahan-
bahan bacaan yang pernah dibaca oleh peneliti dan menpunyai kaitan dengan apa
yang akan diteliti dan membantu peneliti untuk lebih memahami masalah yang
dihadapi. Pada kajian pustaka peneliti mengajukan kerangka berpikir, hipotesis,
arah metode yang dikehendaki.
e. Metodologi
Menurut sukardi (2003:71) Pada metodologi terdapat
sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh peneliti dalam
melakukan penelitian sehingga subjek yang akan diteliti dapat dipahami Disini
juga peneliti memaparkan metode penelitian yang diterapkan dalam mengatasi
permasalahan yang menjadi bahan penelitiannya.
f. Jadwal
penelitian
Komponen ini merupakan penjelasan tenggang waktu yang
dugunakan peneliti. Penentuan jadwal menjadi sebuah target yang waktu yang akan
diselesaikan dalam melaksanakan penelitian. Agar setiap kegiatan dapat
diperhitungkan semakin singkat waktu penelitian maka semakin sedikit pula biaya
yang dikeliarkan.(Sukardi:2003:71)
g. Rencana
anggaran/estimasi biaya (jika diperlukan)
Dalam melakukan penelitian pelaku memerlukan biya yang
bervariasi, tergantung tempat dan waktu penelitian. Semakin jauh tempat tempat
mengumpulkan data maka akan memerlukan waktu yang sangat lama dan semakin
banyak pula biaya yang diperlukan.
“kerangka
penelitian dalam bentuk singkat yang biasanya memuat hal-hal sebagai berikut :
a)
Nama proyek :
b)
Pengusul proyek:
c)
Supervisor:
d)
Pelaksana:
e)
Pimpinan proyek:
f)
Research associates:
g)
Kontrak:
h)
Jangka waktu pelaksana:
i)
Anggaran biaya:
j)
Scope penyelidikan:
k)
Metode yang digunakan:
l)
Tahapan-tahapan pelaksanaan:
m)
Laporan sementara:” (Narbuko:2012:167-168)
C. Jenis-Jenis
Rancangan Penelitian Kuantitatif
Menurut Tahir (2011:52) penelitian kuantitatif terdiri
dari metode eksperimen dan metode non eksperimen. Dalam metode eksperimen
terdapat true experiment dan quasi experiment. Sedangkan dalam metode non
eksperimen terdapat metode deskriptif, metode korelasional dan metode survei.
1. Metode
eksperimen
a) True
experiment
True experiment atau eksperimen sungguhan dilakukan
dengan memberi perlakuan (treatment) kepada kelompok atau subjek untuk
mengetahui apakah perlakuan tersebut memiliki dampak pada variabel atau factor
hasil tersebut. True experiment ialah untuk menguji hubungan sebab akibat (
Emzir:2007:98)
b) Quasi
experiment
Dalam penelitian quasi experiment bertujuan untuk
mambandingkan suatu kelompok. Peneliti memilik secara kelompok atau subjek
secara acak dan menentukan kelompok treatment atau kelompok yang mendapat
perlakuan dan control. (Setyosari:2010:42)
2. Metode
non eksperimen
a) Rancangan
penelitian deskriptif
Metode penelitian yang mengambarkan ojek sesuai dengan
apa adanya yang diperoleh dari peneliti langsung.penelitian ini dapat
ditampilkan seperti penggambaran secara factual tentang perkembangan sekolah.
Margono (2010:106)
b) Rancangan
penelitian korelasional, menurut Soegeng dalam Tahir (2011:55) penelitian
korelasional adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data
guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel
atau lebih.
c) Rancangan
penelitian survey, yaitu model penelitian yang paling banyak digunakan untuk
meneliti kehidupan social dan pendidikan. Penelitian survey mengumpulkan data
seakurat mungkin guna mendapatkan informasi mengenai keadaan dan kejadian yang
terjadi dikalangan masyarakt tersebut.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Rancangan penelitian
adalah Rencana tentang cara mengumpulkan Data dan Menganalisis
Data agar dapat dilakukan secara Ekonomis dan Sesuai dengan Tujuan Penelitian.
Jenis-jenis
rancangan penelitian yaitu :
1. Metode
eksperimen
a.
True experiment
b.
Quasi experiment
2. Metode
non eksperimen
a.
Metode deskriptif
b.
Metode korelasional
c.
Metode survey
B. Saran
Berdasarkan makalah yang telah di susun ini penulis dapat
mengemukakan saran bahwa dalam melakukan suatu penelitian seorang peneliti
tidak merekayasa dan memalsukan informasi dalam penelitian karena rancangan penelitian
sangat membantu kita dalam melakukan penelitian sehingga data-data atau
informasi yang di dapat akan benar.
DAFTAR PUSTAKA
Anggoro,Toha
M.2007.Metode Penelitian.Jakarta:Universits Terbuka
Emzir.2007.Metodologi
Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers
Margono.
2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Narbuko,
Cholid, Abu Ahmad.2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Setyosari,
Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan.
Malang: Kencana Prenada Media Group
Sukardi.
2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Tahir,
Muh. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Unismuh
No comments:
Post a Comment