ANALISIS
PEMBELAJARAN
NO |
KELAS |
TEMA |
SUB
TEMA |
PEMBELAJARAN |
KD |
MAPEL |
MATERI |
1 |
IV |
1.
Indahnya Kebersamaan |
1.
Keberagaman Budaya Bangsaku
|
1
Dan 5 |
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik ruang.
4.2
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
Sejarah |
Keanekaragaman
budaya di Indonesia |
2. Kebersamaan dalam Keberagaman |
1
dan 5 |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik
ruang. 4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
sejarah |
kebersamaan dalam keberagaman agama.
|
|||
3. Bersyukur atas Keberagaman
|
1
dan 5 |
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik
ruang. 4.2 Menyajikan hasil
identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
sejarah |
Mensyukuri keberagaman adat istiadat, makanan, permainan tradisional, lagu, tarian, serta lainnya.
|
|||
2. Selalu Hemat Energi
|
1. Sumber Energi
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
geografi |
Penggunaan energi secara bijak.
|
||
2. Manfaat Energi
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Geografi
dan sosiologi |
energi dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|||
3. Energi
Alternatif
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi. |
Geografi
dan sosiologi |
Energi
pengganti |
|||
|
1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
sosiologi |
keanekaragaman hewan dan tumbuhan di sekitar
dan mengkaji hubungan yang
terjadi antar makhluk hidup.
|
||
2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
sosiologi |
Hewan yang dijaga keseimbangan dan kelestariannya.
|
|||
3. Ayo, Cintai Lingkungan
|
1
dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
sosiologi |
Merawat
tumbuhan dan hewan |
|||
4.
Berbagai Pekerjaan |
1.
Jenis-jenis Pekerjaan |
1
dan 5 |
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta
kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. 4.3 Menyajikan hasil
identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di
bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
Ekonomi
dan Sosiologi |
Memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal
|
||
2.Pekerjaan
di Sekitarku |
1
dan 5 |
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta
kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. 4.3 Menyajikan hasil
identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di
bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
|
Ekonomi
dan Sosiologi |
manfaat yang diperoleh
dari pekerjaan
|
|||
3.Pekerjaan
Orang Tuaku |
1
dan 5 |
3.3 Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan
berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan
sekitar sampai provinsi. 4.3 Menyajikan hasil
identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di
bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi. |
Ekonomi
dan Sosiologi |
Menceritakan pekerjaan orang tua
|
|||
5.
Pahlawanku |
1.
Perjuangan Para Pahlawan |
1
dan 5 |
3.4 Mengidentifikasi
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah
setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 4.4 Menyajikan hasil
identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan
daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. |
Sejarah
dan Sosiologi |
pahlawan
|
||
2.
Pahlawanku Kebangganku |
1
dan 5 |
3.4 Mengidentifikasi
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah
setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 4.4 Menyajikan hasil
identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan
daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa Kini. |
Sejarah
dan Sosiologi |
perjuangan setelah masa
kerajaan Hindu-Buddha
|
|||
3.
Sikap Kepahlawanan |
1
dan 5 |
3.4 Mengidentifikasi
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah
setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini. 4.4 Menyajikan hasil
identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan
daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
|
Sejarah
dan Sosiologi |
sikap para pejuang pada
masa penjajahan
|
NO |
KELAS |
TEMA |
SUB
TEMA |
PEMBELAJARAN |
KD |
MAPEL |
MATERI |
2 |
V |
1. Organ Gerak Hewan dan Manusia |
1. Organ Gerak Hewan |
3 dan 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Sistem gerak manusia dan hewan |
2. Organ Gerak Manusia |
3 dan 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Aktivitas Manusia dilingkungan |
|||
3. Lingkungan dan Manfaatnya |
3 dan 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Memanfaatkan sumberdaya alam di lingkungan |
|||
2. Udara Bersih Bagi Kesehatan |
1. Cara tubuh mengelola udara bersih |
3 dan 4 |
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
Ekonomi, dan Sosiologi |
Melestarikan lingkungan agar tetap terjaga dengan
baik |
||
2. Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan |
3 dan 4 |
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
Ekonomi, dan Sosiologi |
Udara kotor
menyebabkan gangguan
pernapasan
|
|||
3. Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia |
3 dan 4 |
3.3. Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan
kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan
dan persatuan bangsa 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
Ekonomi, dan Sosiologi |
Menjaga kesehatan tubuh |
|||
3. Makanan Sehat |
1. Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? |
3 dan 4 |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia |
Ekonomi, dan Sosiologi |
makan
makanan sehat Dan bernutrisi |
||
2. Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh |
3 dan 4 |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia. |
|
Mengkonsumsi makanan sehat |
|||
3. Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat |
3 dan 4 |
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
masyarakat Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya
dan ekonomi masyarakat Indonesia |
|
Menghindari makanan yang tidak baik untuk
kesehatan |
|||
4. Sehat itu Penting |
1. Peredaran Darahku Sehat |
3 dan 4 |
3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia. 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi
masyarakat Indonesia. |
Ekonomi, dan Sosiologi |
Kesehatan
sangatlah berharga
|
||
2. Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah |
3 dan 4 |
3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia. 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi
masyarakat Indonesia.
|
Ekonomi, dan Sosiologi |
gangguan
pada organ peredaran darah
manusia
|
|||
3. Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah
Manusia |
3 dan 4 |
3.2 Memahami interaksi manusia dengan lingkungan
dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat
Indonesia. 4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi
masyarakat Indonesia. |
Ekonomi, dan Sosiologi |
Cara hidup sehat dengan menjaga kesehatan |
|||
5. Ekosistem |
1. Komponen Ekosistem |
3 dam 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Interaksi
antara makhluk
hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah
lingkungan
|
||
2. Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem |
3 dan 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Setiap
makhluk hidup memiliki kebergantungan
|
|||
3. Keseimbangan Ekosistem |
3 dan 4 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta
pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta
transportasi. |
Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi |
Semua
makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain
untuk mempertahankan hidup.
|
NO |
KELAS |
TEMA |
SUB
TEMA |
PEMBELAJARAN |
KD |
MAPEL |
MATERI |
1 |
VI |
1. Selamatkan Makhluk Hidup |
1. Tumbuhan Sahabatku |
1 dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN. |
Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi |
manfaat
tumbuhan bagi
kehidupan
|
2. Hewan Sahabatku |
1 dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN. |
Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi |
Manfaat dan perkembang biaknya hewan yang
diperoleh manusia |
|||
3. Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan |
1 dan 5 |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN. |
Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi |
Hewan-hewan yang dilindunggi dan penyebab hewan
menjadi langka |
|||
|
1. Rukun dalam Perbedaan |
1 dan 5 |
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan Sekebangsaan yang sejahtera. |
Sejarah dan Sosiologi |
Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan sejarah
perjuangan rakyat indonesia |
||
2. Bekerja Sama Mencapai Tujuan |
1 dan 5 |
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Sejarah dan Sosiologi |
Perjuangan
mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
|
|||
3. Bersatu Kita Teguh |
1 dan 5 |
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya
mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera. 4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi
kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera. |
Sejarah dan Sosiologi |
persatuan
yang membuahkan hasil sesuai harapan
|
|||
3. Tokoh dan Penemuan |
1. Penemu yang Mengubah Dunia |
1 dan 5 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan
sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Sosiologi |
Arus listrik |
||
2. Penemuan dan Manfaatnya |
1 dan 5 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan
sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Sosiologi |
Perkembangan mengubah peradapan manusia di
masyarakat |
|||
3. Ayo, Menjadi Penemu |
1 dan 5 |
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam
rangka modernisasi bangsa Indonesia 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan
sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Sosiologi |
Sikap menjadi
seorang penemu
|
|||
4. Globalisasi |
1. Globalisasi di Sekitarku |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
fakta
tentang globalisasi
|
||
2. Globalisasi dan Manfaatnya |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
Pengaruh dan manfaat adanya globalisasi
|
|||
3. Globalisasi dan Cinta Tanah Air |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
dapat
bersaing Tanpa meninggalkan kebudayaan bangsa |
|||
5. Wirausaha |
1. Kerja Keras Berbuah Kesuksesan |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
Perekonomian
di negara
ASEAN
|
||
2. Usaha di Sekitarku |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
Usaha yang dapat bermanfaat bagi diri dan orang
lain |
|||
3. Ayo, Belajar Berwirausaha |
1 dan 5 |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. 4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan
peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya,
teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Ekonomi dan Sosiologi |
Memanfaatkan benda yang tidak
terpakai memiliki nilai jual
|
No comments:
Post a Comment