PENGUMUMAN KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR
NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI
PENTING :
1.
PENDAFTARAN PESERTA
SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon
peserta seleksi wajib mempersiapkan:
o Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih
berlaku;
o NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta
seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang
tercantum dalam Kartu Keluarga;
o Data-data lainnya yang ditentukan oleh
masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
2.
PENDAFTARAN DUA TAHAP :
Pendaftaran awal di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran
di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
3.
PENDAFTARAN HANYA DI
SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan
kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan
pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.
Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses
pendaftaran.
4.
SELEKSI : Seleksi/tes
dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan
selanjutnya terdapat seleksi/tes lainnya yang ditentukan oleh
masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
5.
PENGISIAN DATA: Semua
informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus
berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak
akan diproses lebih lanjut.
6.
PERSYARATAN
KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki
Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap
calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan
mendaftar / memilih salah satu Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.
Informasi lengkap dapat
diakses melalui www.panselnas.id
JADWAL SELEKSI PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN 2017
NO URAIAN KEGIATAN
TANGGAL TEMPAT
1.
|
Pendaftaran Online Calon Peserta
Pendidikan Kedinasan
|
9
- 31 Maret 2017
|
Website KEMENPAN-RB (http://www.panselnas.id)
|
2.
|
Upload Dokumen Persyaratan dan
Seleksi Administrasi Calon Praja IPDN
|
9
Maret - 7 April 2017
|
Website SPCP IPDN (http://spcp.ipdn.ac.id)
|
3.
|
Pengumuman Online Lulus Hasil
Seleksi Administrasi
|
12
April 2017
|
Website SPCP IPDN
|
4.
|
Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar
|
17
- 22 April 2017
|
Ibukota Provinsi
|
5.
|
Pengumuman Hasil TKD
|
29
April 2017
|
Website IPDN
|
6.
|
Pelaksanaan Tes Kesehatan Daerah
|
17
- 20 Mei 2017
|
Ibukota Provinsi
|
7.
|
Pengumuman Hasil Tes Kesehatan
Daerah
|
29
Mei 2017
|
Website IPDN
|
8.
|
Pelaksanaan Tes Psikologi,
Integritas dan Kejujuran
|
11
- 13 Juli 2017
|
Ibukota Provinsi
|
9.
|
Pengumuman Hasil Tes Psikologi,
Integritas dan Kejujuran
|
19
Juli 2017
|
Website IPDN
|
10.
|
Penerimaan Peserta Pantukhir dan
Verifikasi Faktual Dokumen
|
9
- 12 Agustus 2017
|
IPDN Jatinangor
|
11.
|
Pengumuman Hasil Verifikasi
Faktual Dokumen
|
14
Agustus 2017
|
|
12.
|
Tes Kesehatan Pusat
|
15
- 21 Agustus 2017
|
|
13.
|
Tes Kesamaptaan
|
16
- 22 Agustus 2017
|
|
14.
|
Tes Wawancara
|
23
- 25 Agustus 2017
|
|
15.
|
Pengumuman Hasil Pantukhir
(Kesehatan, Kesamaptaan dan Wawancara)
|
27
Agustus 2017
|
PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENDAFTARAN CALON PRAJA IPDN 2017
I. Persyaratan Pendaftaran
- Persyaratan Umum:
a.
|
Warga Negara Indonesia;
|
b.
|
Usia peserta seleksi minimal 16
(enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pembukaan
pendidikan IPDN tanggal 1 September 2017.
|
c.
|
Tinggi badan pendaftar bagi pria
minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
|
- Persyaratan Administrasi:
a.
|
Berijazah serendah-rendahnya
Sekolah Menengah Atas (SMA) atauMadrasah Aliyah (MA) termasuk lulusan paket C
dengan ketentuan:
|
1) Nilai rata-rata Surat Tanda
Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi pendaftar lulusan
2014 s.d 2017;
|
|
2) Khusus bagi Provinsi Papua dan
Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal
6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan 2014 s.d 2017.
|
|
b.
|
KTP bagi peserta yang berusia
diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP. Bagi
yang belum memiliki KTP atau KK menggunakan Surat Keterangan Kependudukan
atau resi permintaan pembuatan KTP dengan NIK yang sama saat mendaftar pada
website http://www.panselnas.id
|
c.
|
Surat keterangan Kepala Sekolah
masing-masing sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun
Ajaran 2016/2017;
|
d.
|
Surat elektronik/e-mail yang masih
aktif;
|
e.
|
Pas photo.
|
- Persyaratan Khusus:
a.
|
Tidak sedang menjalani atau
terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
|
b.
|
Tidak ditindik atau bekas ditindik
telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria, kecuali karena
ketentuan agama/adat;
|
c.
|
Tidak bertato atau bekas tato;
|
d.
|
Tidak menggunakan kacamata/lensa
kontak;
|
e.
|
Belum pernah menikah/kawin, bagi
pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan;
|
f.
|
Belum pernah diberhentikan sebagai
praja IPDN dan perguruan tinggi lainnya secara tidak hormat;
|
g.
|
Apabila pendaftar dinyatakan lulus
dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
|
1) Bersedia untuk tidak
Menikah/Kawin selama mengikuti pendidikan;
|
|
2) Bersedia diangkat menjadi
CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik
Indonesia;
|
|
3) Bersedia ditempatkan pada
seluruh kampus IPDN;
|
|
4) Bersedia mentaati segala
Peraturan yang berlaku di IPDN;
|
|
5) Bersedia diberhentikan sebagai
Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual
belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan
melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.
|
|
h.
|
Bersedia dikembalikan ke daerah
masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan
identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.
|
i.
|
Tata cara dan teknis pengisian
persyaratan administrasi secara lengkap dapat dipelajari melalui video
tutorial pada webiste http://spcp.ipdn.ac.id
|
II. Mekanisme Pendaftaran
1.
|
Pendaftaran penerimaan Calon Praja
IPDN Tahun 2017 dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Mahasiswa/Taruna
Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Online melalui website resmi
Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi ke portal http://www.panselnas.id sampai
dengan pendaftar memperoleh User ID (NIK) dan password dari Panselnas melalui
e-mail pendaftar.
|
2.
|
Selanjutnya pendaftar melakukan
login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke website
resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2017 ke http://spcp.ipdn.ac.id untuk:
|
a. Mengisi biodata Calon Peserta
Seleksi;
|
|
b. Mengunggah Scanning dokumen
sebagai berikut:
|
|
1) KTP
asli bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi yang
belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 1 MB);
|
|
2)
Ijazah/STTB asli atau photocopy yang dilegalisasi (diunggah halaman depan dan
belakang dengan format pdf maksimum 1 MB);
|
|
3) Surat
keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA
kelas 3 Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditandatangani Kepala Sekolah atau
pejabat berwenang;
|
|
4.
Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan, tampak muka, tidak
memakai kacamata. Ukuran foto 4x6 cm (400x600 pixel), maksimal 500 KB minimal
300KB dengan format jpg.
|
|
c. Antara dokumen KTP atau KK dan
Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tangal lahir;
|
|
d. Mencetak bukti registrasi;
|
|
3.
|
Apabila pendaftar tidak memenuhi
ketentuan persyaratan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar
dinyatakan gugur.
|
No comments:
Post a Comment